PENGGALANG RAKIT
PERENCANAAN KEGIATAN
Nama Sekolah : SMP N 1 GRESIK
Pengembangan Diri : Kepramukaan
Kelas / Semester : 8 / I
Waktu : 3 x 90 menit
A. Standart Kompetensi
Memahami dan melaksanakan syarat-syarat Pengalang Rakit.
B. Kompetensi Dasar
1. Mengapresiasikan dan mengekspresikan diri melalui perilaku penggalang rakit.
C. Sasaran
- Membuat macam-macam simpul
- Membuat dragbard
- Memberi pertolongan pertama pada penderita patah tulang
D. Substansi Kegiatan
- Tali simpul
- P 3 K
- PBB
E. Pelaksanaan Kegiatan
Pertemuan I :
- Pendahuluan :
- Upacara Pembukaan
- Presensi
- Inti :
- Pesdik memberikan alur pembuatan simpul melalui gambar
- Pesdik membuatr simpul panmgkal, mati, jangkar, silang dan palang
- Penutup
- Upacara penutupan
Pertemuan II :
- Pendahuluan :
- Upacara Pembukaan
- Presensi
- Inti :
- Pesdik mengambil tongkat 2 dan tali 10 mt
- Pesdik memperhatikan contoh pembuatan dragbard
- Masin-masing kelompok ( 5 orang ) membuat dragbard
- Mengevaluasi hasil dragbard
- Mengumumkan hasil evaluasi dan memberi reward
- Penutup
- Upacara penutupan
Pertemuan I :
- Pendahuluan :
- Upacara Pembukaan
- Presensi
- Inti :
- Pesdik menyiapkan peralatan P3K perkelompok 5 orang
- Pesdik melakukan pertolongan pertama pada penderita patah tulang
- Melaporkan hasil pertolongan
- Penutup
- Kebersihan ( Operasi semut )
- Upacara penutupan
F. Waktu dan Tempat
Waktu :
Tempat :
G. Sarana
- Tali, benang bol
- Tongkat
- Alat – alat P3K
H. Evaluasi
- Penilaian proses
- Penilaian hasil
- SKU
PERENCANAAN KEGIATAN
Nama Sekolah : SMP N 1 GRESIK
Pengembangan Diri : Kepramukaan
Kelas / Semester : 8 / I
Waktu : 3 x 90 menit
A. Standart Kompetensi
Memahami dan melaksanakan syarat-syarat Pengalang Rakit.
B. Kompetensi Dasar
2. Mengamalkan Dasa Dharma, Tri Satya, dan Pancasila dalam kehidupan sehari – hari
C. Sasaran
Pertemuan I
- Menyebutkan Dasa Dharma Pramuka
- Memberi contoh perilaku Dasa Dharma ke 10
- Menyebutkan Tri Satya
- Menjelaskan arti Tri Satya
- Memberi contoh perilaku yan sesuai dengan jiwa Tri Satya
Pertemuan II
- Mengerti Pancasila
- Menyebutkan Pancasila
- Menjelaskan keterkaitan antara sila 1 sampai dengan sila 5
- Memberi contoh amalan dari masing – masimg sila
D. Substansi Kegiatan
- Dasa Dharma
- Tri Satya
- Pancasila
E. Pelaksanaan Kegiatan
Pertemuan I :
- Pendahuluan :
- Upacara Pembukaan
- Presensi
- Inti :
- Siswa menyanyikan lagu bersyairkan Dasa Dharma yang diiringi dengan tepuk.
- Siswa menyebutkan Dasa Dharma
- Memberi contoh perilaku Dasa Dharma ke 1 – 10 menurut pembagian tugas
- Tanya jawab tentang perilaku yang tidak sesuai dengan Dasa Dharma
- Penutup
- Berdoa dan salam pramuka
- Upacara penutupan
Pertemuan II :
- Pendahuluan :
- Upacara Pembukaan
- Presensi
- Inti :
- Siswa mendengarkan penjelasan arti Tri Satya
- Siswa membaca Tri Satya secara bergantian yang diawali dan diakhiri dengan tepuk tangan
- Siswa memberi contoh perilaku pengamalan Tri Satya
- Siswa menyanyikan lagu – lagu pramuka
- Penutup
- Upacara penutupan
Pertemuan III :
- Pendahuluan :
- Upacara Pembukaan
- Presensi
- Inti :
- Siswa menyebutkan sila-sila dalam Pancasila bersama – sama.
- Siswa menyebutkan arti dari Pancasila
- Siswa mendiskusikan keterkaitan antara sila 1 sampai dengan 5 dan contoh – contoh amalannya
- Siswa melaporkan hasil diskusi
- Pembina memberi poenilaian
- Penutup
- Kebersihan ( Operasi semut )
- Upacara penutupan
F. Waktu dan Tempat
Waktu :
Tempat :
G. Sarana
- Teks Dasa Dharma
- Teks Tri Satya
- Teks Pancasila beserta gambar Garuda yang berperisai
H. Evaluasi
- Penilaian proses
- Penilaian hasil
- SKU
PERENCANAAN KEGIATAN
Nama Sekolah : SMP N 1 GRESIK
Pengembangan Diri : Kepramukaan
Kelas / Semester :8/ I
Waktu : 3 x 90 menit
A. Standart Kompetensi
Memahami dan melaksanakan syarat-syarat Pengalang Rakit.
B. Kompetensi Dasar
3. Menjelaskan arti symbol-simbol dalam Gerakan Pramuka dan negara NKRI
C. Sasaran / Indikator
- Simbol-simbol umum dalam Pramuka
- Simbol-simbol SKK Rakit
- Memasang symbol-simbol TKK
D. Substansi Kegiatan
- Simbol umum Pramuka: Tunas, Lely, wilayah, Daerah, tanda reu dll
- Simbol SKK rakit
- Simbol TKK
E. Pelaksanaan Kegiatan
Pertemuan I :
- Pendahuluan :
- Upacara Pembukaan
- Presensi
- Inti :
- Menunjukan dan menyebutkan symbol umum pramuka
- Menjelaskan arti symbol tersebut
- Menunjukan letak penempatan symbol tanda :
- Tunas di ……
- Leli di ….
- Wilayah di …..
- Menempelkan symbol-simbol secara simbolis
- Penutup
- Upacara penutupan
Pertemuan II :
- Pendahuluan :
- Upacara Pembukaan
- Presensi
- Inti :
- Menunjukan dan menyebutkan SKK rakit
- Menjelaskan fungsi tanda rakit
- Menunjukan letak pemasangan tanda rakit
- Memasang tanda rakit secara simbolis
- Penutup
- Upacara penutupan
Pertemuan III :
- Pendahuluan :
- Upacara Pembukaan
- Presensi
- Inti :
- Menunjukkan dan menyebutkan tanda-tanda TKK wajib
- TKK Upacara
- TKK mendirikan tenda
- TKK P3k
- TKK Masak
- dll
- Menjelaskan fungsi TKK tsb
- Menunjukkan letak pemasangan tanda TKK
- Melaksanakan tugas untuk mendapatkan TKK tsb
- Memasang tanda TKK secara simbolik
- Penutup
- Kebersihan ( Operasi semut )
- Upacara penutupan
F. Waktu dan Tempat
Waktu :
Tempat :
G. Sarana
- Kumpulan symbol-simbol Pramuka, SKK, TKK
H. Evaluasi
- Penilaian proses
- Penilaian hasil
- SKU
PERENCANAAN KEGIATAN
Nama Sekolah : SMP N 1 GRESIK
Pengembangan Diri : Kepramukaan
Kelas / Semester : 8 / I
Waktu :
A. Standart Kompetensi
Memahami dan melaksanakan syarat-syarat Pengalang Rakit.
B. Kompetensi Dasar
4. Menjelaskan tata pemerintahan yang ada di Neara RI
C. Sasaran
- Memahami tata pemerintahan negara RI
- Melaksanakan tata pemerintahan negara RI
D. Substansi Kegiatan
- Mengenal stuktur organisasi pemerintahan tinkat II sampai ke desa
- Tahu nama/alamat kepala desa dan tokoh masyarakat disekitar tempat tinggal ( RT/RW )
E. Pelaksanaan Kegiatan
Langkah - langkah :
- Pembina menjelaskan Susunan pemerintahan Tk II
- Pembina menjelaskan susunan tingkat Desa
- Pembina menjelaskan nama/alamat kepala desa dan tokoh masyarakat lain ditempat tinggalnya.
- Susunan pemerintahan Tk II s/d desa dan nama alamat kepala desa
- Pembina mengadakan kompetisi tentang materi yang dibereikan
- Pembina memberikan hadiah kepada regu pemenang
F. Waktu dan Tempat
Waktu :
Tempat :
G. Sarana
- Pokok pedoman Pramuka
- Buku SKU
- Alat tulis
- Peluit dan halaman
PERENCANAAN KEGIATAN
Nama Sekolah : SMP N 1 GRESIK
Pengembangan Diri : Kepramukaan
Kelas / Semester : 5,6 / I
Waktu :
A. Standart Kompetensi
Memahami dan melaksanakan syarat-syarat Pengalang Rakit.
B. Kompetensi Dasar
5. Menjelaskan makna hari-hari nasional dan tokoh – tokoh pahlawan nasional
C. Sasaran
- Dapat menyebutkan tokoh-tokoh pelaku peristiwa 10 Nopember
- Dapat menunjukan sifat kepatriotisme tokoh pelaku peristiwa 10 Nopember
D. Substansi Kegiatan
- Peristiwa 10 Nopember
E. Pelaksanaan Kegiatan
- Pembina menunjukan gambar – gambar tokoh Pahlawan
- Peserta didik dapat mengelompokan Pahlawan – pahlawan pelaku peristiwa 10 nopember
- Pembina menjelaskan latar belakan peristiwa 10 Nopember
- Peserta didik dapat menyebutkan sifat-sifat yang dimiliki tokoh – tokoh Pahlawan
F. Waktu dan Tempat
Waktu :
Tempat :
G. Sarana
PERENCANAAN KEGIATAN
Nama Sekolah : SMP N 1 GRESIK
Pengembangan Diri : Kepramukaan
Kelas / Semester : 8 / I
Waktu : 2 x 40 mnt
A. Standart Kompetensi
Memahami dan melaksanakan syarat-syarat Pengalang Rakit.
B. Kompetensi Dasar
6. Mengimplementasikan kegiatan Kepramukaan dalam kehidupan sehari – hari.
C. Sasaran
- Menerapkan kegiatan gotong royong dilingkungan sekolah
- Memperbaiki kerusakan kecil pada alat-alat rumah tangga/pakaian
- Memelihara kebersihandilingkunan sekolah
D. Substansi Kegiatan
- Pengertian gotong royong
- Tujuan gotong royong
- Contoh kegiatan gotng royong
- Pengertian kebersihan
- Tujuan kebersihan
- Contoh beberapa kerusakan kecil pada alat-alat rumah tangga/ pakaian
E. Pelaksanaan Kegiatan
1. Masin – masing regu adu cepat menumpulkan dan memilah sampah sesuai dengan jenis sampah ( kering / basah).
3. Merefleksi dari kegiatan yang telah dilakukan tentang keuntungan dan kerugian sampah searta penitngnya kebersihan
4. Masing-masing anak adu cepat memasang kancing.
5. Memberi penghatrgaan kepasda regu yang berprestasi.
-
F. Waktu dan Tempat
Waktu :
Tempat :
G. Sarana
- Tempat sampah
- Sapu ijuk/lidi
- Serok
- Kain perca
- Kancin
- Perlenkapan menjahit
PERENCANAAN KEGIATAN
Nama Sekolah : SMP N 1 GRESIK
Pengembangan Diri : Kepramukaan
Kelas / Semester : 8/ I
Waktu : 2 x 40 menit
A. Standart Kompetensi
Memahami dan melaksanakan syarat-syarat Pengalang Rakit.
B. Kompetensi Dasar
7. Mengapresiasikan adat istiadat dan budaya Indonesia dalam kehidu[psan sehari – hari
C. Sasaran / Indikator
- Dapat menyanyikan dimuka pasukan Penggalang lagu – lagu wajib dan lagu daerah
- Menyajikan satu macam kegiatan seni budaya.
- Dapat menrapkan adat istiadat sopan santun pergaulan Indonesia
D. Substansi Kegiatan
- Lagu Satu Nusa Satu Bangsa
- Lagu Maju Tak Gentar
- Lagu Apuse
- Lagu Rasa Sayange
- Memperagakan tari remo, tari kecak
- Menerapkan adat sopan santun dalam kehidupan sehari – hari
E. Pelaksanaan Kegiatan
Langkah awal :
- Upacara Pembukaan latihan
- Materi lagu – lagu wajib
Pembina memberi lagu daerah Apuse dan rasa sayange
- Permainan sambung lagu
- Menyebut cirri kas tari remo dan tari kecak
- Memberi salam pramuka dengan benar
- Upacara penutupan
F. Waktu dan Tempat
Waktu :
Tempat :
G. Sarana
- SKU
- Alat tulis
- Buku kumpulan lagu wajib dan daerah
- VCD
PERENCANAAN KEGIATAN
Nama Sekolah : SMP N 1 GRESIK
Pengembangan Diri : Kepramukaan
Kelas / Semester : 8/ I
Waktu : 3 x 90 menit
A. Standart Kompetensi
Memahami dan melaksanakan syarat-syarat Pengalang Rakit.
B. Kompetensi Dasar
8. Melaksanakan kegiatan olah raga seuai dengan potensi dirinya
C. Sasaran / Indikator
- Mampu melakukan kegiatan olah raga renang gaya
D. Substansi Kegiatan
- Tehnik meluncur
- Tehnik erakan kaki gaya bebas
- Tehnik erakan tangan gaya bebas
- Tehnik pengambilan nafas gaya bebas
- Koordinasi gerak kaki tanan dan pengambilan nafas gaya bebas
E. Pelaksanaan Kegiatan
Pertemuan I :
- Siswa melakukan pemanasan
- Siswa melakukan pengenalan air
- Siswa melakukan latihan gerakan kaki dipinggir kolam
- Pembina mengamati dan membetulkn gerakan yan salah
Pertemuan II :
- Siswa melakukan pemanasan dan dilanjutkan pengenaln air
- Siswa melakukan latihan gerakan tangan sesuai petunjuk pembina
- Pembina membetulkan gerakan tanan yang salah
Pertemuan III :
- Siswa melakukan pemanasan dan dilanjutkan pengenalan air
- Siswa melakukan latihan pengambilan nafas
- Siswa melakukan latihan koordinasi
- Pembina melakukan evaluasi dan pembetulan gerakan
F. Waktu dan Tempat
Waktu :
Tempat :
G. Sarana
- Pelampung
- Peluit
PERENCANAAN KEGIATAN
Nama Sekolah : SMP N 1 GRESIK
Pengembangan Diri : Kepramukaan
Kelas / Semester : I
Waktu : 3 x 90 menit
A. Standart Kompetensi
Memahami dan melaksanakan syarat-syarat Pengalang Rakit.
B. Kompetensi Dasar
9. Mengimplementasikan kegiatan keagamaan dalam kehidupan sehari – hari
C. Sasaran / Indikator
- Dapat menhafal bacaan doa harian islam
- Tahu riwayat singkat Nabi Muhammad
D. Substansi Kegiatan
- Doa harian ( doa selesai sholat, doa sebelum dan sesudah makan, doa sebelum dan sesudah tidur )
- Sejarah Nabi Myuhammad
E. Pelaksanaan Kegiatan
Apresiasi :
- Upacar pembukaan
- Pretest : memotivasi siswa dengan game secara beregu, tepuk waktu sholat
Inti :
- Secara bergantian tiap regu membacakan doa harian yang sudah diperintahkan
- Pembina memberikan penjelasan doa harian
- Menyanyikan lagu yang berhubungan dengan nabi Muhammad
- Secara beregu menceritakan kembali sejarah Nabi Muhammad (Diskusi kecil)
Penutup
- Posttest : - Meningatkan kembali doa harian
- Mengumpulkan hasil diskusi
- Kesimpulan
F. Waktu dan Tempat
Waktu :
Tempat :
G. Sarana
- Kertas HVS
- Spidol
- Unting
- Tape recorder + kaset
- SKU