RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN (RPL)
SATUAN LAYANAN BK KLASIKAL
Satuan Pendidikan | : Sekolah Menengan Atas Negeri 1 ....................... |
Kelas/Semester | : XI / 2 |
Waktu | : 1 X 40 menit |
MATERI LAYANAN | : | BAB III BELAJAR A PENTINGNYA BELAJAR |
ASPEK PERKEMBANGAN | : | 4. Kematangan intelektual |
NILAI KARAKTER | : | Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Rasa ingin tahu, Menghargai Prestasi, Gemar Membaca. Tanggung Jawab |
KOMPETENSI | : | Pengaruh hubungan sosial terhadap belajar |
INDIKATOR | : | Mengikuti acara di sekolah yang sanggup menyebarkan emosi atau keterikatan sosialnya terhadap orang lain |
BIDANG LAYANAN | : | Belajar |
TUJUAN LAYANAN | : | Peserta didik sanggup memahami tanggung jawabnya sebagai pelajar |
FUNGSI LAYANAN | : | Pemahaman, Penyesuaian, Penyaluran, Preventif, pemeliharaan, Pengembangan |
METODE | : | Kooperatif Learning, Joyfull Learning |
SUMBER LAYANAN | : | Modul B - Psikologi Remaja, Dinamika |
LANGKAH-LANGKAH LAYANAN : |
KEGIATAN PELAYANAN KLASIKAL | WAKTU |
A. Pendahuluan 1. Memberi salam, menyidik kehadiran akseptor didik dan kebersihan kelas. 2. Apersepsi dan motivasi : Saat ini berguru itu penting atau tidak ? 3. Menjelaskan tujuan pelayanan klasikal, aspek dan kiprah perkembangan yang akan dicapai sesuai dengan RPL Silabus. | 10 ’ |
B. Kegiatan Inti 1. Proses • Eksplorasi : peserta didik mencicipi aneka macam pendekatan pelayanan bimbingan.akan pentingnya belajar. • Elaborasi : mengemukakan gagasan baru secara mulut pentingnya belajar. • Konfirmasi : memberikan konfirmasi terhadap pengalaman berguru sehari-hari. 2. Aspek CTL • Questioning (bertanya) : tanya jawab bervariasi perihal “Goal of Study” • Konstruktivisme (membangun) : Peserta didik mencicipi manfaat berguru sebagai kewajiban. • Modeling (pemodelan) : guru BK/Konselor membacakan dongeng “Percaya diri dalam belajar” • Authentic Assessment (penilaian yang sebenarnya) : Peserta didik menyelesaikan kiprah di modul BK dengan memberi tanda silang pada kolom T atau TP. 3. Kecakapan Hidup • Kooperatif : akseptor didik sebagai pelajar memahami tanggung jawab dalam belajar. | 25’ |
C. Penutup 1. Kesimpulan : akseptor didik dan guru BK menyimpulkan pentingnya belajar. 2. Refleksi : tanggung jawab pelajar yaitu belajar. | 5 ’ |
X.PENILAIAN
TEKNIK | BENTUK | TAHAP PENILAIAN |
Penilaian diri | Pendapat pribadi | Laiseg : Memahami kiprah utama pelajar yaitu belajar. Laijapen : Membiasakan diri untuk belajar. Laijapan : Belajar sebagai acara utama. |
XI.CATATAN KHUSUS
A. Diberikan reward jikalau ada perubahan perilaku pada akseptor didik berjulukan :
B. Diberikan Perhatian Khusus (PK) bagi akseptor didik yang belum ada perubahan perilaku bernama
Mengetahui, .............................., Juli 2017
Kepala Sekolah Menengan Atas Negeri 1 ............... Guru BK Kelas XI
.................................... ................................................
NIP. NIP. –